Feeds:
Posts
Comments

Archive for April 21st, 2009

Halfmoon

Halfmoon

Halfmoon

Belakangan ini gue lagi banyak mikir, gak tau napa nih otak maunya jalan terus, sampe gue capek banget. Gue gak konsen ngerjain kerjaan kantor, gak konsen kerjain kerjaan tulis menulis, gak konsen mau ngapa-ngapain, otak jalan terus.. gak tau mikir apa…
Pelan-pelan gue coba ikutin tuh arah pikiran otak gue, hm.. ternyata yang dipikir lumayan berat juga, mulai dari mikirin apa sih artinya hidup ini, mikirin gue mo ngapain, sampe mikirin sebeneranya gue ini apa? Siapa? Wadoh… gue jadi takut kalo kagak kuat bisa-bisa jadi penghuni RSJ lage… 😛

Gue mulai ngerasa kehilangan jati diri.. or emang selama ini gue gak pernah tau jati diri gue benernya ada ato nggak? Yah yah kalo dipikir-pikir gue sampe sekarang selalu ngerasa gue hidup ini bukan atas kemauan gue… maksudnya apa-apa yang gue lakuin kayaknya kok bukan untuk gue ya? Gue sadar dari dulu gue selalu pengen bisa segala-galanya, buat apa sih benernya? Ternyata hanya untuk menyenangkan orang-orang disekitar gue.. terutama buat bokap gue, supaya gue ini dipandang oleh dia, supaya gue ini ‘exist’!
Tapi berhubung sekarang bokap dah gak ada, trus gue jadi kehilangan pedoman, patokan untuk ukuran eksistensi gue? Gue jadi suka merasa ada dan tiada….

Terus terang kadangkala gue bingung, gue ini benernya orang yang gimana ya? Kalo kata sepupu gue yang tercinta, gue ini musang berbulu domba? Weh… enak aje dia… abis katanya gue selalu tampak manis di depan seluruh sodara-sodara, keluarga besar, lah setelah dia tinggal satu kost ama gue dia bilang gue ini ‘ancur’? Heh.. ancur di mana? Orang cantik2 gini kok? wekekekek.. nah ini nih, gini ini ancur nya gue… hm.. ini kan selera humor ya? Masa orang gak boleh punya selera humor seh? Tapi emang sih kalo dipikir-pikir mungkin ada orang2 yang kenal gue ini sebagai si Jenny yang kutubuku, galak, kuper? Masa gue kuper? hihihi… gak tau deh mungkin dulu belom ketemu temen yang cocok aja kali jadi gue gak maen ama banyak2 orang? Wek… padahal dibandingkan ama kakak gue, temen gue justru lebih banyak?

Yah gara-gara statement musang berbulu domba itu gue jadi mikir tuh, benernya gue ini orang yang munafik kah? Weks, padahal gue orang yang gak suka kepura-puraan, gak suka yang munafik, gue orang blak-blakkan… tapi.. gue bisa menempatkan diri gue… kalo ngomong ama yang tua ya sopan lah yauw.. masa loe ngocol abis, gak mungkin toh? Gue hanya merasa gue ini ibarat cermin, kalo lawan gue itu orangnya asik, gue bisa jadi asik, kalo lawan gue jutek, gue bisa lebih jutek, weks! Kalo lawan gue sopan, gue bisa 10 kali lipat lebih sopan… ya gitu deh… makanya tergantung dengan siapa gue berhadapan, gue bisa sangat bawel setengah mati, tapi bisa juga jadi pendiem setengah mampus… nah loh??!

Belakangan ini gue kembali ke hobby gue yang dah gue lakuin sejak SMP, menulis, banyak yang gak tau gue bisa nulis? Weh emang aneh, gak tau bakat dari mana neh? Kenapa juga gue bisa nulis panjang lebar gini? Di keluarga gak ada tuh yang kayaknya bakat nulis, mana bokap gue sangat menentang gue untuk jadi seorang penulis? Mau jadi pujangga? Bah, kerjaan apa pula itu? Yah yah yah pemikiran kolot yang gak bisa disalahin, dikiranya menulis itu hanya kerjaan penyair2 yang gak menghasilkan duit? Hm.. gue menulis juga gak nyari duit seh.. gue nulis karena gue suka, titik! Gue nulis buat mengungkapkan isi hati gue yang kadangkala gak bisa gue ungkapkan lewat kata-kata.. gue nulis buat sharing ke orang-orang supaya syukur-syukur ada tulisan gue yang bisa membuat orang seneng, membawa kebaikkan buat orang-orang…
Dan lagi-lagi… kegiatan gue menulis ini bikin gue jadi merasa orang aneh lagi..!! Apalagi buat temen-temen yang kenal gue dan sempet baca blog gue.. mampus dah, beda 180 derajat?? So benernya gue ini yang mana sih?? Ada yang kenal gue sebagai anak yang alim, ada yang kenal gue cukup ‘ancur’ ada yang kenal gue jutek, judes.. heh.. kalo ditanya gue yang mana, dari kemaren2 gak usah loe pada nanya, gue sendiri dah nanya ke diri gue…

Setelah gue mikir lama, ampe pala gue ini gak bisa dipake buat mikir yang laen, akhirnya gue nemu satu padanan yang tepat… gue ini ibaratnya ‘halfmoon’… bulan separoh… ada sisi gelap dan ada sisi terang… napa bisa gitu? Ya karena jujur gue ini masih manusia, gue masih diliputi keserakahan, kebencian dan kebodohan, gue belum sempurna… Tapi karena gue ini mau belajar, gue bukan bulan sabit, sisi terang dalam diri gue ini dah separoh, walaupun separohnya lagi belom keliatan.. ya ya… cocok banget deh…

Gue sekarang ini sedang berusaha untuk menjadi bulan purnama dengan cahaya yang bulat sempurna…karena itu kadangkala gue bisa kelihatan sangat bertolak belakang, sangat manusiawi menurut gue, gak ada yang aneh… lagipula gue percaya setiap manusia memiliki sisi gelap dan terang dalam diri mereka masing-masing.
So secara jujur gue ngaku… masih banyak kekurangan gue, masih banyak sisi gelap gue, tapi gue juga punya sisi yang sudah bersinar… dan kalo ditanya sekarang ini, yang ada di otak gue adalah selalu bagaimana caranya membuat ‘halfmoon’ menjadi ‘fullmoon’…

Gue tau gak gampang, n butuh waktu yang gak sebentar… tapi gue gak menyerah… dan gue berharap satu hari nanti gue bisa melihat cahaya bulan yang sempurna dari dalam diri gue…

Read Full Post »